35 weeks

35 minggu, yaahooO!

Pertama-tama saya ingin mengucapkan
SELAMAT ULANG TAHUN SUAMI!

Semoga apa yang kamu impikan dalam hidup akan terwujud. Tidak banyak menemui kendala yang berarti dalam belajar dan menafkahi keluarga. Diberi kebahagiaan lahir batin dan selalu sehat jasmani-rohani.

miartmiaw - 35 weeks

Kedua, mohon dimaafkan atas kealpaan foto mingguan usia kehamilan 33 dan 34. Saat itu, disamping tempat yang biasa saya gunakan untuk foto sudah terhalang oleh boks bayi, di sisi lain saya sudah merasa lelah luar biasa. Bertambah beban di perut, terbatas pula ruang gerak saya.

{Catatan 33 Minggu}

24/12/2014. Happy Birthday dearest Alya Faiza Winaditya, putri pertama Radit dan Winny. Dilahirkan melalui operasi caesar di RSIB Kendangsari Merr Surabaya pada pukul 07:25 WIB dengan berat lahir 2790 gr dan panjang lahir 49 cm.

Ibu Alya adalah teman senam semasa kami hamil, sedang bapak Alya teman PPDS suami saya. Insyaallah nantinya Alya dan anak saya akan jadi teman main karena sepantaran. Hehehe.

{Catatan 34 Minggu}

Setelah selesai makan malam (menunya nasi padang) pada pukul 21:30, kami pun keliling kota sebentar trus nongkrong aja di lobi apartemen sampai hampir tengah malam. Di penghujung tahun, saya dan suami menikmati semarak kembang api dari Apartemen Gunawangsa tempat kami tinggal. Inginnya berada di keramaian tapi kondisi badan saya tidak memungkinkan. Hehehe.

7/1/2015. Happy Birthday dearest Arsya Izzadin Rezqiano, putra ke-dua Fina dan Feldy. Dilahirkan melalui operasi caesar di RSB Lombok 22 Surabaya pada pukul 22:42 WIB dengan berat lahir 2930 gr dan panjang lahir 49 cm.

Nah, kalau mamanya Arsya ini teman semasa SMA saya. Kami juga akrab hingga jaman kuliah. Dahulu, saya suka nginep di rumah maupun kosnya, dia suka nraktir makan dan ngajakin nge-mall. Tak heran bila saya kenal semua keluarga besarnya.

saya juga mau kalo diberi baby hamper semacam ini, hihihi ;;)
saya juga mau kalo diberi baby hamper semacam ini, hihihi ;;)

Untuk keduanya (Fina dan Winny), saya sudah mempersiapkan hamper newborn yang saya rangkai dan kemas sendiri jauh-jauh hari sebelum bayi mereka dilahirkan. Tema pink untuk bayi Winny dan tema biru untuk Fina. Dengan begini, gift yang saya beri untuk mereka berkesan personal.

uwow! uda segede ini yah XD | my 35 weeks baby bump
uwow! uda segede ini yah perut sayaa XD | my 35 weeks baby bump

How far long: 35 Minggu
Gender: Perempuan
Total weight gain: 13 Kg (kayaknya mentok di sini nih kenaikan bb saya)
Belly button in or out: out.
Maternity clothes: memakai tanktop yang dilipat sampai dada lebih nyaman daripada memakainya secara standar (perut sudah terlalu besar; kalau ditutup seperti tidak bisa bernafas)
Stretch marks: di kedua paha berwarna merah kehitaman.
Sleep: sering merasa kelelahan jadi makin banyak tidur
Best feelings this week: Menghabiskan malam tahun baru bersama suami, ultah suami dan bertemu bayi-bayi
Worst feelings this week: tidak ada.
Movements: Pergerakan bayi diusia saat ini semakin kuat. Demikian juga tendangannya yang makin hebat dan dahsyat!
Cravings: Makanan nusantara seperti urap dan nasi padang.
Queasy or sick: Tetap harus bisa menjaga porsi makan yang tidak boleh berlebihan.
Looking forward to: Menyiapkan hospital bag.

salam sayang,

miartmiaw

32 weeks

Haloo.

Hari-hari di minggu 32 sarat emosi bahagia. Beberapa keluhan trimester tiga ya tetep ada; biasalah yaa. Diantaranya:
Nyeri di area pelvis.
Punggung bawah yang suka pegel.
Kaki yang seolah tak bisa membawa beban tubuh; buat berdiri bentar langsung kemeng.
Kadangkala dada terasa panas dan berdebar.

Sering buang air kecil.
Mulai cemas kalau anak sedetik aja gak gerak (padahal lagi tidur).

Akhirnya saya bertemu dengan orang tua setelah sebulan tidak pulang. Suami ngajakinnya mendadak jumat sore tanggal 19 Desember 2014. Saya kira doi bakalan sibuk ngerjain ‘Proyek Histologi’, berkutat dengan mikroskop dan preparat.

Di Santos d’House, kegiatan hari sabtu kami yaitu bapak memberi makan ayam-membersihkan halaman-membakar sampah, adik setrika, ibu memasak, saya mencuci semua pakaian bayi, suami pijat. Hari itu bertepatan dengan ultah adik dan acara neloni kehamilannya. Sabtu sore saya dan suami balik Surabaya karena hari Minggu suami ada jadwal jaga.

my 32 weeks baby belly
my 32 weeks baby belly

How far long: 32 Minggu
Gender: Perempuan
Total weight gain: 12 Kg
Belly button in or out: Udelnya mulai menyembul.
Maternity clothes: Beli daster kancing bukaan depan Nevada-krah piyama.
Stretch marksEmbrace your stripes! Love your lines! Dikit aja kok, cuman di paha.
Sleep: Perut dan badan seolah menjadi dua bagian yang terpisah. Saya mesti ‘mengajak’nya terlebih dahulu ketika mau miring ke kiri maupun ke kanan. Suka mimpi yang aneh-aneh.
Best feelings this week: Bertemu yangma-yangpa dan kakek anak.
Worst feelings this week: Setelah dipakai berkendara PP saat mudik, pegal di punggung bawah kian parah.
Movements: Gerakan bayi ini adalah pertanyaan yang sering diajukan sang papa saat dia berada di rumah sakit (mau pas meeting report, pelayanan, ngerjain laporan maupun jaga). Jadi membuat saya lebih aware. Bisa dibilang gerakannya oke kok! Terasa dan teraba.
Cravings: Sari laut alias seafood.
Queasy or sick: Ingat! Berhenti makan sebelum kenyang. Biar gak mual-muntah.
Looking forward to: Menghadirkan boks bayi untuk sang buah hati.

YES. sudah semangkin mlembung aja perut saya
YES. sudah semangkin mlembung aja perut saya

salam sehat selalu,

miartmiaw

Note.
Yangma = eyang dari mama; ibu saya
Yangpa = eyang dari papa; ibu suami
Kakek = bapak saya

senam hamil

Dear mamas,

Salah satu kegiatan yang patut dicoba buat bumil yaitu senam hamil. Senam hamil itu lebih ke stretching dan olah nafas. Jadi, jangan membayangkan olah raga penuh cucur keringat ya Moms!

Asal tidak ada kontra indikasi atau sesuai rekomendasi dokter sih senam hamil boleh dilakukan sejak trimester pertama. Tapi saat hamil muda (TM 1), biasanya bumil itu disibukkan dengan penyesuaian ‘hadirnya’ sang jabang bayi. Kalo TM 1 saya mah penuh dengan drama; Hiperemesis Gravidarum hingga dehidrasi (wajah pucat, badan lemas, susah nafas, kulit terasa lengket ke tulang). Pada tanggal 5 Juli 2014, saat saya dan suami seharusnya merayakan anniversary ke-14, eee malah mesti rehidrasi (diinfus) di RSUD Dr. Soetomo. Fiuh!

Sampai tulisan ini dibuat, saya sudah melakukan senam hamil sebanyak 4x di RSIA Putri Surabaya. Waktu itu saya mulai senamnya pada usia kehamilan 26 minggu. Berarti sudah masuk trimester dua yaa. TM 2 ini merupakan fase yang mengasyikkan karena si jabang bayi seolah menyatu; menjadi bagian dari diri kita. Makan sudah lebih enak, tidur bisa lebih nyenyak, tiada mual-muntah dan bikin hidup lebih bersemangat.

ruang senam hamil rsia putri
ruang senam hamil rsia putri | uk = 26 minggu, bb = 48 kg, tensi = 96/56 |  foto diambil tgl 8/11/14 

Manfaat senam hamil itu banyak! Saya sebutkan versi Ayahbunda dalam buku 9 Bulan yang Menakjubkan ya..
1| Memperbaiki sirkulasi darah.
2| Mengurangi kaki bengkak.
3| Meningkatkan keseimbangan otot.
4| Mengurangi resiko gangguan pencernaan, diantaranya sembelit, kembung dan heartburn.
5| Mengurangi kejang kaki/kram.
6| Menguatkan otot perut.
7| Memperpanjang nafas karena seiring bertambah besarnya janin yang mendesak isi perut ke arah dada sehingga membuat rongga dada terasa lebih sempit dan napas jadi tidak optimal.
8| Melatih pergerakan otot (leher, bahu, punggung, paha, betis dan kaki) untuk menghadapi proses persalinan.
9| Mencegah janin sungsang.
10| Mencegah varises, pelebaran pembuuh darah balik atau vena.
11| Latihan pernapasan khusus panting quick breathing, penting saat saat kontraksi dan di sela mengejan.
12| Latihan mengejan agar benar saat bersalin, sehingga bayi lancar keluar dan tidak tertahan di jalan lahir.
13| Memudahkan proses persalinan, meski tidak mutlak, karena tergantung posisi bayi, jalan lahir dan cepat-lambat kontraksi.
14| Mempercepat penyembuhan setelah kelahiran.

Gerakan senam hamil itu simpel dan mudah dipelajari. Sebenarnya kita bisa melakukannya sendiri di rumah. Hanya bagi saya, senam hamil itu bisa ‘memaksa’ saya untuk bergerak. Kalau tidak keluar dari kamar, bawaannya molor mulu. Bersosialisasi dengan sesama bumil juga sangat menyenangkan.

*

DETIL SENAM HAMIL

Senam hamil I – 08 November 2014
Hanya ada dokumentasi matras; tidak ada foto diri. Saya berangkat ke RSIA Putri naik lyn S. Selesai senam, suami jemput saya di RS.

Senam hamil II – 19 November 2014

left to right (foto atas): ayu-mia-winny | (foto bawah) sebelum pulang, abis makan nasi cumi di aiola
left to right (foto atas): ayu-mia-winny. baru sekali itu ketemu ma Ayu, kabarnya doi melahirkan bayi perempuan pada akhir November 2014 | (foto bawah) sebelum pulang, abis makan nasi cumi di aiola

Usia kehamilan saya: 28 minggu (Winny = 35 minggu)
Berat badan = 49.5 kg
Tensi = 98/75

Senam hamil III – 26 November 2014

abis senam, ni saya sama winny jalan ke galaxy mall. di sini makan kfc
setelah senam usai, ni saya sama winny (yang lagi nentengin laptop; ribet sama urusan ilmiah) jalan-jalan ke galaxy mall. di sini makan kfc

Usia kehamilan saya = 29 minggu (Winny = 36 minggu)
Berat badan = 50 kg
Tensi = 101/64

Senam hamil 3 Desember 2014

abadikan momen bunting dimana ajaa :))
abadikan momen bunting 30 minggu (saya) dan 37 minggu (winny) dimana ajaa :))

Kami sudah datang ke RSIA Putri tapi terlambat. Senam hamilnya sudah tahap relaksasi. Sambil cekikikan checkout RS, kami pergi ke toko buku Toga Mas dan berfoto di sana, makan bakso Pak Sabar kemudian jemput suami Winny di RSDS.

Senam hamil IV – 10 Desember 2014

selesai senam kami ke aiola makan mi pitik kemudian ke galaxy mall beli anting bayi kembaran. bakal anak winny juga perempuan!
selesai senam kami ke aiola makan mi pitik kemudian ke galaxy mall beli anting bayi kembaran. bakal anak winny juga perempuan!

Usia kehamilan saya = 31 minggu (Winny = 38 minggu)
Berat badan  = 51 kg
Tensi = 95/65

*

RSIA Putri
Jl. Arif Rahman Hakim 122 Surabaya 60111
P. (031) 5999987 | F. (031) 5997215
Jadwal senam hamil
Hari: Rabu dan Sabtu
Pukul: 11.00 – 12.30
Biaya: Rp 25.000,-/datang –incl. minum dan snack

Salam

miartmiaw

P.S. Dear Winny, good luck for tomorrow c-section delivery (24-12-2014). I can’t wait to see your baby girl!

31 weeks

31 minggu, yuhuuu~

Bersin, pengen pipis. Melakukan posisi ruku’ saat sholat juga bikin kebelet pee-pee(s). Tulang di area selangkangan baik kanan maupun kiri saat ini suka linu-linu. Untungnyaa, pada usia kehamilan 31 minggu suami selalu berada di dekat saya. Stase poli bisa membuatnya pulang agak sore (sekitar jam 4 atau 5). Tapi ini di luar jadwal jaga loh yaa. Kalau kena jaga ya doi bakal berada di rumah sakit 2 hari 1 malam. Dengan longgarnya jadwal stase tersebut maka kami dapat melakukan foto mingguan bersama. Finally!

our little baby is a night owl, hueheh. kalo malem melek; umek teros!
our little baby is a night owl, hueheh. kalo malem melek; umek teros!

How far long: 31 Minggu
Gender: Perempuan
Total weight gain: 11 Kg
Belly button in or out: In. *rata perut, belum menonjol amat.
Maternity clothes: Pengen banget punya maxi dress model kemben.
Stretch marks: Sedikit (mulai muncul) di paha. Di perut tidak ada.
Sleep: Sebelum jam 12 malam sudah tidur sekarang mah. Bangun dini hari untuk pipis, teuteuup.
Best feelings this week: Rainy kisses from papa to Bebi and mama :****
Worst feelings this week: Gagal pulkam.
Movements: Less movements. Sebab bayi bertambah besar, ruang gerak kurang lebar.
Cravings: Jus buah; yang seger-seger pokoknya!
Queasy or sick: Lapar, mual. Kekenyangan dikit, mual.
Looking forward to: Berenang bersama si papaaa (*pakai maternity swimwear baru, cihui!)

mau foto maternity indoor/outdoor menggunakan jasa profesional, mahal. jadilah kami cekikikan sendiri di kamar :)))
mau foto maternity menggunakan jasa profesional, mahal. jadilah kami cekikikan sendiri di kamar :)))

lots of love,

miartmiaw

30 weeks

Halo..

Ternyata saya masih bisa survive dari kendala menghadirkan chalkboard-art 30 minggu kehamilan. Biasanya sih saya nggambarnya sambil duduk dan papan tulisnya bubuk. Sekarang posisi seperti itu sudah tidak memungkinkan karena ada fase dimana saya mesti sedikit membungkuk. Nah untuk periode ini, saya menggambarnya tetap duduk di lantai tapi si papan tulis saya vertikal-kan. Untuk ‘coretan’ di posisi bawah, chalkboardnya tinggal diletak di meja lipat. Jadi, posisinya sedikit lebih tinggi dari perut dan tanpa ada episode membungkuk-bungkuk segala. Sedikit rumit yah, HAHAHA.

Oke, segala urusan galau/menye-menye karena ditinggal suami tour of duty di RSUD Jombang selama tiga minggu telah berakhir. Kami kembali bisa bobok bersama, suami bisa kembali bonding via perut dengan anaknya dan saya balik ke rutinitas: kasi losion plus urut telapak kaki-kapalan suami menjelang tidur. Bahagia saya kian komplet aja pokoknya. Tsah!

Senin lalu (8/12) saat tiada petir dan hujan di ba’da maghrib, saya tiba-tiba bikin appointment antenatal care dengan dr. Supratiknyo, SpOG. Mbak admin memberi antrian #25 yang artinya saya baru bisa masuk ruangan untuk kontrol kandungan sekitar pukul 22:00 WIB. Alamaak! Tapi gpp, estimasi saya ntar bisa dijemput suami sepulang TOD karena dia berangkat dari Jombang ke Surabaya jam 21:00. Tapi gak berharap banyak untuk dijemput sih, lawong waktu kepulangannya gak pasti.

Tempat praktek dokter Tiknyo deket dari tempat saya tinggal. Argo taxi juga ga sampai 10 ribu, maka dari itu saya berangkatnya mepet, jam sepuluh kurang sepuluh. Selesai daftar ulang, saya tinggal menunggu giliran. Berada di ruangan temaram dan duduk-duduk di sofa yang empuk, lumayan membikin ngantuk. Tepat pukul 22:30 saya masuk ruangan 2 untuk disiapin periksa, sedang dokter berada di ruangan satu (masih) melayani konsultasi pasien sebelumnya. Eh, ternyata saya mesti pindah ke ruangan satu. Lumayanlah bisa mengulur waktu. Beruntung, tepat saat di-USG suami bisa menyelinap masuk.

Biar kenaikan berat badanya saya empot-empotan, tapi bayi saya super sekali beratnya. Setara dengan kehamilan 33 minggu (2100 gram bok!), padahal kan 30/31 minggu. Usia sekian, kepala bayi sudah berada di bawah. Dua kaki dengan tulang semakin kuat dan padat yang seringkali nendang dada saya sudah berada di atas. Makin tinggilah frekuensi berkemih saya karena sering di’heading’ tuh kepala. USG 4D pada usia kehamilan 30 minggu memang tidak disarankan, karena si jabang bayi sudah meringkuk sedemikian rupa. Deuh, gak keliatan!

my bebi belly at 30 weeks
my bebi belly at 30 weeks

How far long: 30 Minggu
Gender: Perempuan
Total weight gain: 11 Kg
Belly button in or out: In.
Maternity clothes: Mulai hunting daster breastfeeding friendly (baca: kancing bukaan depan).
Stretch marks: Tidak ada.
Sleep: Kalo sudah capek nganan-ngiri-nganan-ngiri pasti tertidur sendiri.
Best feelings this week: Papa pulang TOD dong! Sama liat perkembangan Bebi.
Worst feelings this week: Aman terkendali.
Movements: Bayi saya berlagak ‘shy shy cat’ saat segala gerakan heboh dan menggemaskan di dalam sana hendak divideoin mamaknya.
Cravings: Segala sesuatu yang berbau mie.
Queasy or sick: Ngos-ngosan yang jadi juaranyaaa.
Looking forward to: Mudik. Kangen ortu, sudah sebulan tak bertemu.

foto favorit misua hahaha
foto favorit misua hahaha

with love,

miartmiaw

baby (pink) shopping list

Halo (calon) ibu-ibu

Kali ini saya mau sharing tentang Baby Shopping List yang telah saya susun dan rangkum (hasil mengumpul materi dari sana-sini). Daripada ngendon di komputer saya saja, mending sekalian di-share di sini. Siapa tahu berguna bagi ibu-ibu sekalian.

List berikut sifatnya IDEAL, sekali lagi I-D-E-A-L dan cocok untuk mom-to-be (terutama yang expecting first baby). Karena sifatnya memberi masukan, maka dalam pemenuhannya bisa disesuaikan yaa. Saya pun begitu kok, tidak semua hal yang tercantum dalam daftar berikut saya beli karena memang sikon yang tidak memungkinkan, heheheh.

PAKAIAN DAN AKSESORIS

Baju tangan buntung
Baju lengan pendek
Baju lengan panjang
Bedong biasa
Bedong praktis (all-in-one)
Celana pop
Celana pendek
Celana panjang
Celana tutup kaki
Gurita
Bodysuit/jumper
Sarung tangan
Kaos kaki
Bib/slaber/tatak liur
Topi
Jaket
Selimut breathable
Perlak waterproof 60×80
Kain alas ompol lorek
Popok kain
Diaper
Clodi (cloth diaper)
Sapu tangan
Dresser/lemari baju bayi
Baby tafel/meja ganti popok
Dress foto dan aqiqah
Piyama/sleepsuit
Legging

PERALATAN MANDI

Alkohol 70
Alkafil (kain kasa ber-alkohol)
Baby cream/krim anti lecet
Baby oil
Bathub/bak mandi
Baby bather/kursi jaring
Bedan badan (tabur/bentuk lotion)
Bedak wajah
Betadine
Body lotion
Cotton bud
Gunting kuku
Hair lotion
Handuk
Kain kasa
Kapas bulat
Kapas kotak
Wadah peralatan mandi
Minyak telon
Minyak kayu putih
Baby cologne
Sabun mandi
Shampo
Sedotan ingus
Sikat gusi
Sikat lidah
Sisir rambut bentuk sikat
Termometer bayi
Termometer air
Tisu basah
Tisuh kotak
Waslap wajah
Waslap badan
Krim anti nyamuk
Peniti besar
Bathing toys/mainan mandi

PERALATAN MENYUSUI DAN KEBUTUHAN IBU

Apron/kain penutup menyusui
Bantal menyusui
Botol kaca penyimpan ASI
Botol sendok
Botol susu (120/150 ml)
Bra menyusui
Breast-pad disposable
Breast-pad washable/sapu tangan
Breast-pump elektrik
Breast-pump manual
Cooler
Gurita ibu/korset/udet/stagen velcro
Losion puting/nipple cream
Botol dot 150 ml
Pembalut nifas
Penjepit botol
Rak botol
Sabun pencuci botol
Sikat botol
Sterilizer elektrik + angetin ASI
Stretchmark cream
Kimono ibu
Daster bukaan depan/breastfeeding dress
Hand sanitizer

PERALATAN BEPERGIAN ++

Car seat
Stroller
Matras khusus stroller
Perlak kecil
Baby diaper bag/tas travel
Bouncer/kursi main
Baby carrier/baby wrap
Gendongan jarik
Selimut traveling

PERALATAN TIDUR

Baby box/crib 130×70 cm
Kasur busa
Bedcover
Sprei dan sarung bantal-guling
Bumper baby box
Bantal-guling
Bantal kepala/peang
Selimut biasa
Selimut topi
Kelambu/kelambu payung
Baby monitor
Night light

PERALATAN LAIN-LAIN

Tempat bedak tabur
Tempat kapas
Keranjang baju kotor
Jemuran pakaian bulat
Jepitan baju
Tempat sampah
Sabun cuci khusus bayi
Pelembut baju khusus bayi
Tas breast-pump
Bye-bye fever
Food processor
Playmat
Masker
Sticker label

*

Berbekal daftar itu, pada hari Minggu (30/11), saya diajakin Fina (teman SMA yang kebetulan juga lagi hamil) belanja kebutuhan bayi. Dasar bumil gampang capek, makanya tidak banyak yang bisa didapat karena milih baju-baju yang lucu nan imut tuh bisa makan waktu bermenit-menit.

saya hamil bayi perempuan (29 minggu), fina hamil bayi laki-laki (32 minggu)
saya hamil bayi perempuan (29 minggu), fina hamil bayi laki-laki (32 minggu)

Toko yang kami datangi pertama adalah Suzanna Baby Shop yang berada di daerah Kertajaya. Toko bayi ini recommended banget buat pemula. Disamping lumayan lengkap plus kualitas barang yang baik, petugas yang ramah dan harga relatif terjangkau; saya terkesan dengan toilet toko yang bagus dan bersih. Cocok kan buat bumil yang notabene suka pipis.

belanja segini di suzanna uda bikin capek dan laper. paling favorit sama bedong polkadotnyaa
belanja segini di suzanna uda bikin capek dan laper. paling suka sama bedong polkadotnyaa

Setelah dari Suzanna Baby Shop, saya dan Fina meluncur Galaxy Mall. Mampir deh ke Mothercare untuk beli breathable blanket inceran. Di SOGO ada merk Valerie (spesialis sprei), tapi selimut seperti itu lebih mahal.

niatnya mau beli selimut, elakok kepincut sama handuk hoodie diskon 50%, yawda sekalian dibeli
niatnya mau beli selimut, elakok kepincut sama handuk hoodie diskon 50%, yawda sekalian dibeli

TIPS! Membeli kebutuhan bayi:

1| Ajak partner. Tujuannya supaya ada yang memberi masukan dan mengingatkan bila mulai membeli hal-hal yang tidak perlu. Kalo bisa sih pasangan. Teman punya kecenderungan membiarkan kita membeli semua barang yang kita mau, dan bukan lagi sebagai kontrol.
2| List barang yang hendak dibeli. Agar kita to-the-point, langsung deh beli ini-ini dan ini. Pisah antara daftar barang yang mau dibeli di toko khusus bayi A-B-C dan di supermarket.
3| Budget. Tentukan alokasi dana untuk keperluan belanja yang satu ini. Ingat! Masih ada biaya persalinan loh. Belum aqiqah bayi (bila muslim).
4| Dikiiit. Bukannya mau pelit, sebagai ibu yang baik harus bisa irit. Konon katanya bayi mudah sekali numbuh besar. Beli baju newborn sedikit saja. Maksimal 6 pcs per item.
5| Utamakan kenyamanan. Pakaian yang kita kenakan saat belanja harus longgar supaya tidak sesak nafas dan pakai flatshoes atau sandal yang nyaman. Pilih tempat berbelanja yang akses untuk ke kamar mandinya mudah.

Oke, sekian dari saya. Mohon maaf kalo list-nya buat ibu-ibu ngos-ngosan *peace*. Semoga bermanfaat.

salam,

miartmiaw

SUZANNA BABY SHOP
Jl. Kertajaya 163-165 Surabaya
P. (031) 5037884 | F. (031) 5031985
Open: 9 am to 9 pm

MOTHERCARE
Lt 2 #293-295 Galaxy Mall Surabaya
P. (031) 5915300
Open: 10 am to 10 pm

29 weeks

Hai hai hai…

Terus terang, minggu 29 ini membuat daya baterei saya melemah. Bagaimana tidak jika perut yang semakin menggendut membuat aktivitas jadi sedikit terhambat. Masih ada kaki yang gampang kemeng, sleepy head, plus heartburn yang lumayan mengganggu. Berbekal tekad bulat –sebulat perut yang kian bulat, akhirnya selesai juga chalkboard art dan weekly pregnancy photo-nya. YES!

my 29 weeks baby belly, uhui!
my 29 weeks baby belly, uhui!

How far long: 29 Minggu
Gender: Perempuan
Total weight gain: 10 Kg
Belly button in or out: In.
Maternity clothes: Lagi hunting dress buat maternity photoshoot.
Stretch marks: Tidak ada.
Sleep: Nyaris tidur sepanjang waktu disaat siang, beser dimalam hari.
Best feelings this week: Nyicil belanja kebutuhan bayi rasanya seperti sudah menggendong bayi itu sendiri.
Worst feelings this week: Aman terkendali.
Movements: Gerakannya kadang seperti mercon; meletup-letup!
Cravings: Burger
Queasy or sick: Meski hujan sudah semakin rutin mengguyur kota Sukolilo dan sekitarnya, tapi tetap tak membuat ketiak dan lipatan payudara saya jadi kering. Hampir tiap waktu basah melulu. Maklumkan saja yah, ibu hamil dimana-mana juga begini. Hihihi.
Looking forward to: Next antenatal care.

pegang sleepsuit bayi berasa sentimentil, lalu menimang-nimang si baju sambil membayangkan nggendong Ayang :')
pegang sleepsuit bayi berasa sentimentil, lalu menimang-nimang si baju sambil membayangkan nggendong Ayang :’)

with love,

miartmiaw