[resep] salad buyur

Puasa Ramadhan 1433 H. Hari ke-17.

Di suatu sore yang fantastis, sebelum jam pulang kerja, saya biasa mikir-mikir sekilas menu berbuka puasa. Kemarin baru ingat, stok sayuran di coolcase tinggal setongkol jagung manis. Apa boleh buat, bahan yang ada harus bisa dibuat sedemikian rupa supaya bisa ..menjagal-rasa-lapar (*coba ucapkan 10x dengan cepat tanpa kesleo). Hehe.

Ketika lihat folder foto Buber Karyawan IST di JW. Marriott tahun 2009, saya jadi terinspirasi untuk bikin salad sayur. Langsung terbayang apa yang harus dilakukan setelah google beberapa resep salad sayur. Pada dasarnya sih, kita cuman butuh sayuran segar sama ngemix dressing –semacam buat bumbu pecel. Selebihnya tinggal menata di piring/mangkuk saji.

Untuk buat dressing, siapkan:

  • mayonnaise mamasuka
  • saos tomat
  • saos sambal
  • jeruk nipis
  • susu kental manis
  • merica bubuk

OK. Semua bahan sudah di hadapan? Langsung deh kecrut-kecrutin di mangkuk. Kalo ada panduan di internet mengenai takaran, saya tak pernah mematuhinya. Suka-suka sesuai insting karena selalu masak dalam porsi kecil. Campur aduk semuanya yuk!

Nah, sekarang tata sayuran di mangkuk saji. Menambahkan buah-buahan juga sah untuk dilakukan kok. Jangan kuatir bakal mengubah rasa. Toh, keluarnya sama saja; bakal berujung dan berbentuk seperti itu. #Apeu!

Ini dia yang segar-segar:

  • Tomat buah, iris tipis melintang. Kalo cuma ada tomat sayur, tak apa.
  • Apel. Buat jadi dadu.
  • Jagung manis. Gak punya yang kemasan kaleng, saya harus merebus dan memitil dulu.
  • Kacang polong. Beku di freezer, saya kemudian merendamnya sebentar disisa air rebusan jagung manis.
  • Anggur merah. Belah jadi dua dan buang isinya.

Kalo sudah, tuang dressing di atas BUYUR (namanya berubah jadi Buyur–BUah & saYUR–karena niat tak sesuai dengan kenyataan). Lalu, selesailah pekerjaan kita. Nggeletek mek ngono thok! Haha 😀

salad buyur ~ alternatif menu sahur

 

Makaci kepada Resep Keluarga Cinta atas resep Salad Sayur-nya 🙂

[resep] kepak sayap kecap

Gampang saja memanjakan pria. Mereka mudah terlena dengan makanan. Apalagi jika masakan itu dibuat sendiri oleh kekasih hati. Hemm. Coba saja!

Catet di telapak tangan kiri! Kita cuma butuh SAYAP AYAM dan ::

I) Merica-garam-jeruk nipis/jeruk buah > campur

II) Bawang merah-bawang putih-cabe rawit-merica-garam-gula

III) Cabe merah (buang isi, potong serong)-daun bawang (cuci, potong satu senti)

IV) Kecap manis-saos tomat-(margarin blueband)-air kaldu rebusan ayam

 

Karena porsi masakan kecil (ayamnya aja cuma tiga sayap), jadi pake insting aja deh takaran bumbunya.

 

Kalau saya, begini urutan masaknya..

1) Rebus sayap ayam sampai empuk. Cirinya sudah berubah warna.

2) Angkat sayap ayam, lumuri dengan no I. Diamkan.

3) Goreng no II. Angkat kemudian uleg. (*digoreng biar mudah dihaluskan secara manual; tidak berbau lengur)

4) Gantian. Sekarang, goreng sayap ayam dengan api kecil sampai kecoklatan. Angkat dan lumuri dengan blueband.

5) Tumis no II dengan sedikit minyak goreng  sampai haruum.

6) Tuang no III dan no IV. Tambahkan sayap ayam.

7) Rebus hingga air kaldu habis dan sajikan.

 

Ini bukan sogokan (berharap dapat kecupan mesra dan cincin emas 6gram) melainkan “Selamat Makan” 😀

dari istri untuk suami dan diri sendiri

 

Lebih lengkap mengenai resep, lihat di sini. Hihi. Saya dapat inspirasi menu buka puasa 25/7 dari sana. Haha. Tentuu, dengan beberapa sedikit modifikasi. Hihi.

 

semanis kecap #1

@khumanis