seni bertahan hidup ♥ tempe jaket dharmawangsa

Saya dan suami sepakat bahwa makanan yang bisa memuaskan perut bukanlah yang terhidang tipikal sajian kafe-kafe, sebut saja jenis pasta berlumur keju ala Kafe Pisa atau steak versi Boncafe. Bagi kami, hidangan itu tidak wajib dikonsumsi. Kalaupun terlihat sedang berada di sana, itu berarti kami sedang merayakan sesuatu atau lagi ditraktir. Kami lebih berselera apabila makanan yang ‘bersarang’ di perut merupakan masakan khas nusantara. Biasanya punya ciri pedas, ada nasinya dan janganan. Terlebih bila kantong-friendly.

Semenjak pindah ke Apartemen Gunawangsa Manyar bulan April 2013, saya sudah jarang sekali memasak. Kadang rindu masakan yang bisa dihasilkan Khumanis Kuantum Kitchen (ini nama dapur saya di rumah Bangil) seperti sop ayam, kering tempe, balado udang, cah kangkung, krengsengan cecek, ayam kecap, capcai dll (kalau diteruskan bisa panjang). Di ‘petak’ ini saya tidak mungkin masak karena kami hanya memiliki pantry bukan kitchen.

Sudah tidak ada lagi yang namanya telenan, cowek, sutil, mpon-mpon, terasi, wajan, minyak goreng dan aneka saos. Di sini kami hanya memiliki (sekalian inventaris):

2 bh piring makan
1 bh piring ceper
2 bh mangkuk sedang
1 bh pisau
4 bh mug ‘gimmick’
2 bh garpu
1 bh mangkuk sambal
4 bh sendok makan
1 bh sendok teh
4 bh tupperware
1 bh panci serbaguna bergagang
1 unit magicom
1 unit kompor portable

Magicom selain untuk menanak nasi, pernah kami manfaatkan untuk mengolah ikan salmon tapi seringnya kami gunakan untuk membuat ceplok/dadar telur, merebus telur/jagung manis dan mengukus sayur macam brokoli. Kalau mau masak yang ‘berat’ kuatir kamar jadi bau dan kotor plus bisa mengundang semut, kecoa dan aneka serangga. Jadi, beli lebih praktis!

Salah tempat makan yang menyuguhkan makanan favorit kami di Surabaya Timur adalah Warung Tempe Jaket Dharmawangsa. Letaknya berada di sebelah barat jalan raya (setelah perempatan Kertajaya menuju Unair Kampus B), berdiri di teras Berkat Mobil (Jl. Dharmaangsa No. 124); diantara Gg. Gubeng Kertajaya VII-E dengan Gubeng Kertajaya VII-F. Warung yang buka tiap malam dari senin sampai jumat (sabtu-minggu dan hari libur nasional tutup) ini punya TEMPE JAKET (tempe berbalut tepung berbumbu) yang jadi ikon plus urap sayur. Benar-benar rasa rumah.

Kami mengenal tempat ini sejak jaman kuliah (dapat referensi dari seorang teman), kira-kira 10 tahun yang lalu. Rasa tempe jaket-nya tak berubah dan urap sayur yang tetap sama enak dengan sambalnya yang pedas minta ampun. Selain tempe jaket dan urap, kami masih bisa memilih lauk utama seperti udang goreng tepung, telur dadar/ceplok, bandeng presto dan ayam goreng/bakar. Terakhir makan di tempat, saya dan suami habis sekitar Rp. 37.000 (incl es jeruk dan teh hangat). Kami lebih sering ‘mbungkus’ sih! Biasanya sepulang mengerjakan tugas kuliah, suami yang beli, saya menanak nasi.

11-12-13 | IDR 15.000
11-12-13 | IDR 15.000

Bagaimana? Kalau mulut berliur berarti sedang tergiur :p~

Kelemahan makan di warung ini ada dua. Pertama, potensi terkena debu jalanan dan asap kendaraan. Kedua, kapasitas tempat duduk yang terbatas (selain lahan yang miring) sehingga akan sulit bila datang dengan keluarga besar maupun rombongan (max 4 orang).

Penasaran? Silahkan mencoba kelezatan Tempe Jaket Dharmawangsa dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.


miartmiaw

Advertisements

9 thoughts on “seni bertahan hidup ♥ tempe jaket dharmawangsa

  1. walaupun di apaato, tetep aja aku masak hahaha.. secara ya di jakarta, beli di luar porsinya dikit tapi mahal dan rasanya ngalor ngidul geje

      1. hahaha.. sempet ngarep suami bakal dipindah ke surabaya, tapi belum kesampaian, yasud lah dinikmati aja jakarta dgn segala kompleksitasnya *halah*

  2. Hai mba, nyasar kesini gara2 browsing ttg apt gunawangsa manyar hahaha. Salam kenal yaaaa! Waduh pe-er bgt nih kalo ntar ngga bisa masak disana, ada krucil yg makanannya msh harus dimasakin sendiri… pake kitchen hood (eh apa sih istilahnya itu) ga membantu ya?

    1. Haloo. Ada rencana mau tinggal di sini? Saya pake istilah pantry kalo buat masak masakan di apt, baru kalo landed house kitchen (dapur sesungguhnya. ini masih dibagi dua, dapur kotor sama pantry).
      Di apt pake kitchen set sebenarnya bisa aja dibuat masak, hanya memang saya hindari mengingat nanti baunya nempel nempel di sana sini (maklum tipe studio).

      Buat toddler masih bisalah goreng goreng tahu-tempe-ayam dll, nanak nasi, bikin sayur, mblender bumbu. yang saya maksud asal bukan masak yang ‘berat’ seperti goreng pindang. haha :’D

      1. ahaha brarti masaknya terbatas masak cantik rapi aja yaaa 😀
        Iya nih ada rencana mo pindah kesana. Kalo jadi, tetanggaan ya kita 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s