1st birthday party for baby girl

Halo Bundaa.

Kalau Bunda mau merayakan ulang tahun pertama putrinya bisa merapat sekarang yuk! Sebenarnya gak harus first birthday party, mau ulang tahun keberapapun bisa cari inspirasi di postingan saya kali ini.

Saya punya keponakan (anak pertama dari kakak suami), Ameera namanya. 25 Mei lalu Momeera (sebutan untuk mamanya Ameera) menggelar acara tasyakuran sekaligus ingin mengabadikan momen. Sebulan sebelum hari H, saya diajak diskusi untuk mewujudkan pesta Ameera. Tentu saja saya bersemangat, karena ini pengalaman pertama menjadi seorang party planner *kretekin jari*

Sebelum bertemu dengan Momeera, saya sudah menyiapkan catatan serupa kerangka konsep untuk dibahas seperti tema, kostum, undangan, birthday cake, cemilan, dekorasi, goodie bags, dokumentasi, catering, susunan acara dll. Pestanya diadakan di rumah bersama beberapa kerabat dan saudara. Jadi dibuat se-sederhana mungkin namun tetap meriah. Oke, sebelum kita bahas satu-persatu, alangkah baiknya kalau Bunda familiar terlebih dahulu dengan kosakata berikut:

Tutu dress, birthday cake, cupcakes, party crown, birthday garland/bunting, doily paper, toppers, pompoms, backdrops, balloons, straws, e-invitation.

TEMA

Ada banyak pilihan tema seperti rainbow, pink/blue, karakter kartun, dan sebagainya. Tapi kalau mau setup sendiri pestanya, alangkah baiknya memilih tema yang mudah dieksekusi. Pencarian bahan/material pendukung dapat dengan mudah diperoleh. Tema pesta yang dipilih untuk ultah Ameera adalah PINK OMBRE.

KOSTUM

Demi memaksimalkan kesan girlie pada Ameera, Momeera sudah menyiapkan Tutu Dress; seperti jumper ber-rok susun terbuat dari tile. Dress lama bisa dimakeover supaya stunning. Menjadi tugas saya untuk mempermak tali pundak yang kepanjangan, menjahit/menempelkan sayap ‘angel’, menambah bros bunga di dada dan membuat party crown.

party crown dan bros bunga handmade dari kain flanel dan kertas karton ditambah hiasan bling-bling
party crown dan bros bunga handmade dari kain flanel dan kertas karton+hiasan bling-bling

UNDANGAN

Tamu yang diundang ada sekitar 20 orang. Saya buat e-invitation yang bisa disebar melalui facebook atau bbm. Tinggal memanfaatkan photoshop atau aplikasi-aplikasi yang ada di tab/iPad untuk mengkreasikan foto dan materi. Untuk pesta dipilih hari libur (bukan hari H ultah; H+3), dengan asumsi para tamu undangan bisa meluangkan waktu menghadiri acara.

miartmiaw - einvitation

BIRTHDAY CAKE, CUPCAKES & GOODIE BAGS

Baik goodie bags, cupcakes dan birthday cake, Momeera pesan khusus di olshop. Bundaa, kalo mau simpel banget bisa pakai donat/cupcake ditusukin lilin sebagai ganti birthday cake yaa. Ehehehe. (*Ini kalo acaranya private alias cuma dengan keluarga inti).

miartmiaw - first birthday girl

CEMILAN

Cemilan disesuaikan dengan sebaran usia para tamu undangan. Ada di pesta ini mulai dari resoles sosis mayo ala Laritta (kesukaan saya) hingga tiniwinibiti dan yupi. Untuk kreker anak bisa di-mixed, ditempatkan dalam satu cup mungil. Pilih kreker dengan bentuk unik dan lucu-lucu. Jangan lupa sediakan air minum kemasan botol (lebih praktis; bila masih sisa dapat ditutup kembali dan tidak tumpah). Buang label merk pada badan botol dan hiasi tutupnya menggunakan doily paper (kertas roti berenda) diikat pita (*lihat foto atas).

DEKORASI

miartmiaw - dekorasi

1|Pompoms. Saya buat pompom raksasa sebanyak 6 buah dari kertas krep dengan warna sesuai tema jauh-jauh hari sebelum acara berlangsung. Tutorial membuat pompom bisa diklik di sini. Sedangkan dekorasi meja dan backdrops, saya kerjakan pada H-1.
2|Backdrops. Untuk backdrop, saya gunting kertas krep selebar 5 cm-an untuk ditempel di tembok sepanjang kira-kira 3 meter. Menempelkannya menggunakan doubletape.
3|Straws. Sedotan kertas motif ombre gini nemu di Pusat Grosir Surabaya. Rasanya pengen saya beli semua. Motifnya lucu-lucu sih, ada polkadot, stars and stripes!
4|Birthday garland/Bunting. Bunting pada umumnya berbentuk segitiga tapi untuk pesta Ameera saya manfaatkan doily paper yang bentuknya gak kalah unik. Untuk tulisan ‘Happy Birthday Ameera’ terbuat dari kertas lipat dan kertas kado. Tak lupa bunting untuk highcair Ameera.
5|Bunga sintetis. Sebagai penghias dan pemanis meja. Saya letakkan di pot putih dengan ornamen kertas doily di pinggiran pot. Supaya simetris, sediakan dua pot yang sama untuk diletakkan di meja.
6|Taplak meja. Penutup mejanya dari kain satin dilapisi kain-taplak-motif dengan renda dari kain tile 3 warna.
7|Baloons. Balon ada yang tiup pake pompa digunakan untuk souvenir anak dan ditempel sebagai backdrop, ada yang isi helium (mesti nyari tukang balon ini) untuk ditempel di highcair Ameera. Tiup balon isi helium, sebijinya tiga ribu rupiah di Pasar Pucang.
8|Toppers. Stiker yang biasanya nampang-ditusukin di cupcake namanya toppers. Saya desainkan satu buah stiker untuk cupcake toppers dan label air mineral kemasan botol sebagai pengganti label asli.
9|Ribbon. Diperlukan beraneka macam warna pita; baik pita kain maupun kertas pita yang bisa diserut menggunakan gunting hingga  menjadi curly.

DOKUMENTASI

Dokumentasi adalah hal yang penting dalam sebuah event. Foto dekorasinya kan bisa dikenang selamanya. Hahaha. Bunda bisa menggunakan tripod untuk foto bersama atau memakai jasa fotografer profesional. Akan lebih ringan tugas Ayah-Bunda kalo sudah ada seseorang yang bertugas khusus untuk sie dokumentasi. Jangan lupa untuk mengabadikan detil dan candid.

CATERING

Pilihannya bisa nasi kotak yang praktis atau prasmanan. Ini bisa disesuaikan dan tergantung budget.

SUSUNAN ACARA

Susunan acara pada pesta ultah pertama dengan tamu dari kalangan kerabat dekat dan keluarga tidaklah terlalu formal. Yang penting ada sesi doa dan tiup lilin/potong tumpeng. Selebihnya makan dan acara bebas. Hal ini demi menyesuaikan mood si birthday girl.

Berikut adalah keseluruhan penampakan dekorasi dan foto-foto.

miartmiaw - dekorasi first bd girl
wow! lumayan deh ini hasil jerih payah saya

 

my handmade gift box for ameera
my handmade gift box for ameera
ameera and cute aunt mia :))
ameera and cute aunt mia :))

Semoga bermanfaat
Salam,


miartmiaw

Advertisements

8 thoughts on “1st birthday party for baby girl

  1. Mee… kalo untuk tas souvernirnya bentuknya gimana itu? itu ada bantal bergambar Ameera ya di dalemnya? aq mo bikin birthday party yg kedua bwt anakku cowok, ada masukan kah?

    1. Tema untuk anak cowok bisa main diwarna atau tokoh kartun favorit Yov. Souvenir bisa pesan jam dinding berbackground foto anakmu, mobil-mobilan/boneka dibungkus bersama snack atau lunch box set. Tegantung budget dan sebaran usia anak yang diundang, sesuaikan yaa 😀

  2. tengkyu Mia, kemaren jg liat2 souvenir2 yg dijual online, bagus2. Pengen bikin n bungkus sendiri sih souvenirnya tp bingung, maklum otak bagian kreatifku sepertinya tdk berkembang dg baik hahahaha… makanya suka baca blogmu 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s