[2013] year in review

SELAMAT TAHUN BARU 2014
dari Surabaya

(Ah ini basi banget ya! Maklumin ajalah, karena laptopnya gantian. Baru bisa dipakai malam hari karena siangnya dipakai suami, sedang malam hari itu waktunya tidur. Ujung-ujungnya alesan!)

2013 sangatlah menakjubkan! Segala keputusan yang saya dan suami buat di tahun ini tentu melewati banyak pertimbangan. Perjalanan dari hari-ke-hari tidak melulu dipenuhi tawa melainkan ada beberapa hal yang membuat tangis haru maupun sedih menjadi pecah. Dan hidup memang tidak mudah, tapi kami bisa mengatasinya.

Nah, berikut ini kilatan momen-momen yang perlu saya garis bawahi.

JANUARI

RESIGN IST (18/1). Pertama, ingin lebih fokus untuk mendapatkan bayi, ke-dua, suami mau spesialisasi, ke-tiga tak ingin suami Surabaya-Bangil setiap hari PP, maka setelah 4 tahun bekerja di bagian Personnel and General Affair PT. Indonesia Smelting Technology, saya resmi mengundurkan diri. Resign adalah langkah awal, karena kami punya rencana untuk pindah ke Surabaya.

selalu merindukan mereka :'
selalu merindukan mereka :’

FEBRUARI

BALIMOON (14/2). Ini maksudnya Honeymoon (ke-3) ke Bali yang  bertepatan dengan 3rd wedding anniversary kami. Mumpung ada waktu liburan; mumpung ada kesempatan. Kali pertama berkendara selama berjam-jam menggunakan Starlet merah ’96 yang sebelumnya bernopol S 342 V. Berdua bersenang-senang setelah pinggang-rasanya-mau-copot. Mau kesini-kesitu tanpa tekanan jadwal travel. Suka-suka.

14-02-2013 Happy 3rd Anniversary, Love! :3
14-02-2013 Happy 3rd Anniversary, Love! :3

MARET

PIT SOLO (10-14/3). Pertemuan Ilmiah Tahunan Obstetri dan Ginekologi (Fetomaternal) untuk tahun 2013 diadakan di Solo. Pendaftaran program spesialis tahun ajaran 2013/2014 sudah dibuka demikian dengan ujiannya yang memang tak lama lagi. Saatnya bagi suami untuk mulai mengumpulkan sertifikat dengan maksud biar lolos seleksi administratif gitu! Nah, selain menjadi sekretaris pribadi, perjalanan itu menjadi ajang bagi saya untuk setidaknya tahu S-O-L-O.

APRIL

GWA MANYAR (12/4). Tadaa! Finally hidup baru di rumah (baca: petak) baru. Kami pindah ke Surabaya membawa beberapa pakaian, peralatan bersih-bersih dan seprei. Lika-liku tinggal di Apartemen Gunawangsa Manyar tidak bisa diceritakan di sini. Intinya, hidup di sebuah apartemen itu harus bisa menempatkan diri pada sebuah kepraktisan. Harus bisa familiar dengan kata: hemat, ekonomis, simpel dan fleksibel!

pose kamar saat masih berantakan :p
pose kamar saat masih berantakan :p

MEI

SEMPU ISLAND (11/5) & HSG (30/5). Rekreasi ini tidak kami rencanakan. Tadinya saya, suami dan adik cuma mau pergi jalan-jalan ke Batu, tak taunya nyasar ke Pulau Sempu dan Sendang Biru. Hasilnya, ‘lahir-lelah namun batin-bahagia’. Di akhir bulan saya analisis saluran tuba (HSG) di Laboratorium Parahita. Menurut tes itu, tidak ada perlengketan pada tuba saya. Cairan kontras pada hasil rontgen menunjukkan bahwa semuanya dalam kondisi baik.

so happy!
so happy!

JUNI

SELAMAT, SUAMI! (13/6). 2x tidak lolos tes CPNS di Pasuruan, 1x gagal tes CPNS di Dompu, 1x tidak berhasil masuk tes PPDS jurusan Interna di Unair. Jadi betul kata mereka bila, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Tanya saya deh, bagaimana perjuangan kami melalui semua itu. Bagaimana suami tekun meminta surat rekomendasi ke sana-sini, belajar, melalui psikotes, wawancara, tes bidang ilmu dsb. Alhamdulillah, Obstetrician and Gynecologist soon to be!

jadwal kegiatan penerimaan ppds - kartu peserta ujian - pengumuman (13/6)
jadwal kegiatan penerimaan ppds – kartu peserta ujian – pengumuman (13/6)

JULI

IUI SILOAM (1/7). Inseminasi di Siloam oleh dr. Hamdani setelah 5 hari fase oral dengan clomiphene citrate pada 21-25/6 dan suntikan pregnyl pada 29/6. Harapannya, dengan cara ‘sederhana’ ini bisa segera hamil. Eh, ternyata belum.

before - after
before – after

P.S. Kalau dihitung sejak doi menyatakan cintanya ke saya jaman baheula, pada 5 Juli 2013 berarti kebersamaan kami sudah berusia kronologis 13 tahun. Hooray!

AGUSTUS

LEBARAN, FULL TEAM (6&8/8). Sudah 10 tahun lewat dikit saya dan teman-teman sebaya lulus SMA. Bukan waktu yang singkat. Kebanyakan sudah beranak-pinak, karir jelas dengan kehidupan yang menetap dan mantab. Momen buka bersama biasanya kami jadikan ajang untuk berkumpul sekedar reuni kecil-kecilan dan silaturahmi. Tahun ini di tempat (rumah sendiri meski belum beristri) kawan bernama Uri. Nah, tidak hanya dengan kawan, momen kebersamaan juga saya habiskan bersama keluarga (termasuk dengan adik laki saya yang berdomisili di Jakarta). I am Full!

miartmiaw - lebaran 2013

SEPTEMBER

IVF #2 LONG PROTOCOL (2-20/9). Saya termasuk orang yang tidak sabaran dalam hal ingin segera punya anak. Tekanannya luar biasa loh. Memang bisa sangat relatif dan subyektif penghayatan masing-masing individu dalam menghadapi situasi setara. Tapi mau air mata sampai habispun kalau Tuhan belum mengijinkan ya saya bisa apa. Sepanjang bulan September, perut bagian bawah penuh bekas kombinasi injeksi Suprefact-Gonal-Menopour. Lebam dan biru-biru. Keluar masuk RS Siloam sudah jadi hal yang biasa. Sekarang malah bagi saya, bau RS Siloam itu seolah menyisa trauma.

OKTOBER

BETA DAY (8/10) & BNS (27/10). Reaksi hasil β~hCG yang tidak memuaskan kali ini tidak sedramatis pada IVF #1 (30 Okt, 2012). Sambil makan di d’Cost saya cuma nangis-nangis tipis. Ini juga karena bbm iba/simpati dari beberapa sahabat dan saudara, tentu saja saya jadi teringat kembali kemudian jadi sedih lagi.
Oktober adalah bulan lahir saya. Tidak ada yang spesial pada hari H. Jadi mari kita skip dan loncat ke Batu Night Spectacular. Rupanya suami punya jadwal orientasi PPDS yang padat sehingga kami punya masa liburan yang singkat. Semalam di BNS lanjut one night stand di Kebun Teh Wonosari. Itung-itung merayakan Hari Ulang Tahun saya yang ke sekian.

NOVEMBER

MARRIOT NIGHT (23/11). Pada dasarnya, tidak ada momen yang spesial di bulan November. Hanya ada satu peristiwa yang menggemaskan dan bila diingat kelak saya rasa akan mengundang senyum hingga tawa. Ini saat suami sangat sibuk menjadi panitia penyelenggaraan kolegium obgyn.

Ceritanya begini, hari Jumat (22/11) saya menginap di rumah adik ipar di Gresik untuk melihat perkembangan persiapan dirinya melahirkan (*ngintip kamar bayi). Esok malamnya pada sabtu (sebelum saya balik Gunawangsa Apt), adik ipar beserta suami dan saya dari gresik pergi jalan-jalan ke Tunjungan Plaza. Pada pukul 22:00 saya janjian sama suami untuk ketemu di Hotel J.W Marriott karena kebetulan posisi dia ada di situ. Butuh waktu 10 menit untuk sampai ke JWM dari TP. Dan ketika saya tiba di hotel, suami sudah tidak bisa dihubungi. BBM tidak dibalas, ditelpon tak merespon. Setelah setengah jam menunggu saya akhirnya tahu kalau mobil kami ada di parkiran. Saya putuskan untuk tetap menunggu. Ketika satu jam berlalu, dengan mengenakan sandal-putih-hotel suami akhirnya muncul di lobi hotel dengan rambut kuyu dan mata sayu. Berantakan sekali! Rupanya doi tertidur. Lalu kami lanjut tidur di Deluxe Room JWM dan pulang esok pagi. Fiuh!

DESEMBER

STAFF MEETING (27/12). Setelah 6 bulan berlalu dari pengumuman #Juni13 sudah saatnya kami para istri/suami/anak sang PPDS diperkenalkan kepada 9 teman seangkatan dan para staf OBGYN. Pertemuan itu memberi saya wacana bahwa pendidikan-PPDS-Obgyn-8-semester akan banyak menyita waktu dan menguras tenaga. Mereka akan ditempa bahwa kehidupan rumah sakit adalah hal yang utama. Diharapkan dapat menghasilkan output yang berkualitas baik, loyal dan bermanfaat bagi masyarakat. Saya katakan kepada para the famous SpOG (*dalam forum) bahwa saya ingin menjadi orang di belakang layar yang sukses menghasilkan produk (dalam hal ini suami) seperti harapan kita semua. Memang tidak secara langsung tapi dukungan istri juga sangat penting kan?

(1&2) usai acara pertemuan | (3) kali pertama jaga tgl 28/12 | (4) malam tahun baru, dengan suami dan adik saya
(1&2) usai acara pertemuan | (3) kali pertama jaga tgl 28/12 | (4) malam tahun baru, dengan suami dan adik saya

2013 cukup memberikan pelajaran dalam memaknai hidup. Doa 2014 tidaklah muluk,

Semoga..

1| Kesehatan selalu menyertai langkah kaki kita
2| Bahagia dari melakukan hal yang sederhana
3| Usaha dan kerja keras tahun-tahun kemarin menuai hasil
4| Setiap masalah mendewasakan pribadi
5| Lebih mandiri dan diberikan kelancaran menjalani aktivitas sehari-hari

Semua hal yang terbaik bagi kami. Dan kamu. Amin.

Salam,

miartmiaw

Advertisements

6 thoughts on “[2013] year in review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s