five favorite filters

Pantas saja ada yang nyebut Jaman Edan. Tahun 2000(-an) merupakan tahun penuh tantangan, kata lagu qasidah. Ibarat hidung Pinokio, semakin dipenuhi ‘kebohongan’, semakin majulah sebuah jaman (#apeu). Sebut saja filter foto yang pandai mengelabui pikiran orang (*pengelabuan dalam arti yang positif yaa, haha). Ada Instagram yang saya sukai. Dalam hal ini filter-filternya yang membuat saya tergila-gila; edan karenanya. Saya masih ingat ketika begitu sangat mupeng akan aplikasi yang bisa edit foto dan mengubahnya menjadi menawan secara instan. Waktu itu taunya Instagram lebih bagus dari Molome. Lalu merengek-merayu suami minta beliin iPad. Lalu kabul-kajate, heheh.

Ada lima filter foto Instagram yang menjadi favorit saya. Coba kita lihat foto ini terlebih dahulu:

original picture - NORMAL
original picture – NORMAL

Kemudian temukan pesonanya dalam filter-filter Instagram berikut:

Favorite filter #5.

inkwell - miartmiaw - f3

Untuk tampilan b&w alias monochrome, Inkwell lebih keren ketimbang Willow. Tapi tetap harus hati-hati supaya tidak salah pilih. Biasanya saya akan pakai Inkwell saat sedang menggunakan outfit bercorak. Sehingga tidak ada kesan monoton pada hasil fotonya.

Favorite filter #4.

nashville - miartmiaw - f3

Nashville memberi efek ‘pink pipi’, bernuansa santun dan lembut. Tetapi Walden bisa jadi alternatif untuk tampilan serupa.

Favorite filter #3.

sutro - miartmiaw - f3

Bila ingin mendramatisasi hasil foto, keberhasilan Brannan tak perlu diragukan. Smokey eyes bisa terlihat sangat gothic saat menggunakan filter ini.

Favorite filter #2.

nashville - miartmiaw - f3

Bagi saya, karakter Valencia bukanlah mengubah warna tetapi ia justru memperkaya dan dapat mempercantik foto. Efek ‘skin-glowing’-nya mampu menyedot hampir 75% foto di album Instagram saya.

Favorite filter #1.

early bird - miartmiaw - f3

Early Bird memang paling top! Kesan vintage-nya saya suka. Saya kira, hampir semua orang menyukai filter ini. Frame Early Bird yang memiliki tepian tumpul makin memberi kesan jadul (*Ah, masak sih?!).

Pada dasarnya, filter yang kita pilih di aplikasi apapun merupakan ekspresi diri dan manifestasi mood. Bila ada tagar no-filter di Instagram, pasti seseorang punya tujuan tertentu. Tetapi menurut saya, hal tersebut malah mengurangi kesenangan dalam menerapkan aplikasi itu sendiri. Suka-suka ajalah! Yang penting senang 😀

Menurut kalian, foto NORMAL di atas, paling cocok dipakein filter apa yah? Kalau kamu, sukanya sama filter apa?


miartmiaw

P.S. Five Favorite Filters diposting untuk hiburan semata

2 thoughts on “five favorite filters

Leave a Reply

