beta day

Kegagalan ini bukanlah yang pertama. Mestinya saya tahu bagaimana rasanya dan bisa mengantisipasi kekecewaan. Tapi apa mungkin waktu memang bisa menyembuhkan luka hingga saya lupa?

Senin malam saya berbincang dengan suami. Saya katakan kepadanya kalau 13 Juni lalu sayalah yang membawa kabar gembira mengenai berhasilnya doi masuk program penerimaan PPDS Obgyn. Sekarang gantian. “Besok, aku ingin kamu yang membawa berita bahagia untukku!” kata saya.

Just in case programnya tidak berhasil, saya ingin bersiap-siap. “Kira-kira, apa yang akan kamu katakan kepadaku kalo programnya gagal, Say?” Suami menjawab, “Simpanan embrio kita ada berapa, 5 kan? Kita masih bisa menggunakannya.”

Malam itu saya sulit tidur, gelisah bukan main. Saya tak henti melihat celana dalam karena terasa seperti mengeluarkan cairan. Yaa, siapa tahu bleeding-before-beta, ternyata bukan. Cuma cairan berwarna bening disertai residu Crinone. Dalam hati ingin meredam gejolak rasa penasaran yang teramat besar tapi berujung ke psikosomatis. Perut mulas dan terus berasa pengen pipis.

*

Selasa, 8 Oktober 2013

Pagi kami terasa begitu singkat. 10 menit perjalanan menuju RSSS, 5 menit menunggu di ruang tunggu, 5 menit ambil darah dan menyelesaikan administrasi lalu mampir Kalidami untuk beli sarapan kemudian pulang. Selesai makan, suami berangkat ujian; UAS hari kesekian.

Selanjutnya hanya ada saya dan Kal-El (my brownie teddy) di kamar. Dengan masih menempel plester bekas suntikan di tangan kanan, saya tidur sambil mendengarkan playlist dari TV. Lanjut berplesir ke instagram, twitter, facebook, path sampai ke instagram lagi. Lalu bosan. Lalu penasaran.

Saya malas menyentuh BB dan membiarkannya berada di dalam tas. Andai sudah tahu hamil, pasti segera saya beritahu ibu dan yang lainnya. Jantung berdebar, kepala pening, kaki sedingin es dan sekujur badan berkeringat. Suami membiarkan rasa ingin tahu saya menggantung sampai tengah hari. Kemudian film What to Expect When You’re Expecting muncul. Ah, mungkin ini suatu pertanda. Think Positive!

Tak lama suami datang membawa makan siang (bukan sebuket bunga dan berita bahagia). Ternyata dia belum nelpon RSSS untuk tanya hasil β~hCG, fiuh! Dari ekspresi saat melakukan percakapan di telepon antara suami dengan dr. Aucky saya langsung tahu kalau hasilnya negatif. Saat itu air muka saya pasti juga terlihat hampa. Butuh waktu sekitar lima menit hingga air mata saya berhasil menemukan jalan keluar. Suami memeluk saya dan berbicara mengenai sesuatu yang tidak saya pahami.

Malamnya kami menemui dr. Aucky untuk membicarakan rencana frozen embryo transfer. Beliau menyarankan agar kami istirahat dulu selama 3 bulan. Boleh berhubungan seperti biasa hingga FET tiba. Tapi sebelum dilakukan FET, dr Ashon SpOG akan melakukan Salin Infusion Sonohysterography (simpelnya SIS atau SHG) terlebih dahulu untuk mengecek kemungkinan adanya kelainan rongga rahim yang menyebabkan embrio-embrio itu tidak mau implan. Nantii, setelah selesai haid ke-3.

bye-bye embies
bye-bye my three little embies~

Kepada semua yang mendoakan; teman, sahabat dan semua yang sayang kami, saya mengucapkan terima kasih. Entah bagaimana cara kami membalas kebaikan kalian. Semoga Allah memberikan ganjaran selayaknya.

What doesn’t kill you makes you stronger..

β~hCG = 5 </3 indomie, come to mamamia!

16 thoughts on “beta day

  1. mbak miaa..

    tetep semangat yah mbak !
    pasti Allah punya rencana yg lbh indah untuk mbak dan mas 🙂
    keberhasilan itu diukur dari brp kali dia mampu bangkit dr kegagalan. tetep yakin dan ikhtiar.

    peluk jauh dr aku.. *hug*

    1. Yak! tetap semangat 😀 Terima kasih mbak Dewi atas asupan semangatnya :’) Saya hargai. Semoga rencana kami kedepannya bisa berjalan dengan lancar. Insyaallah. *peluk balik*

  2. Semangat Miaaa,
    Semoga Allah lekas menjawab doa dua umatnya ini yg tidak lelah berusaha…
    Doaku untuk kalian berdua, semoga selalu yang terbaik *peluuk

  3. mbk mia..
    aq ikut merasakan apa yang mbk rasakan..sabar ya mbk..!!pasti Allah akan ngasih yang terbaik bagi kita di saat yg tepat nanti..karena tepat dan baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah..
    semoga kita segera di beri keturunan,kalopun tidak sekarang semoga kita saat ini senantiasa di beri kesabaran dan kelapangan hati..hingga saatnya tiba nanti.amin

  4. mbk mia..
    Aq tau yg mbk rasakan..sabar ya mbk..!!
    Pasti Allah akan ngasih yang terbaik buat kita disaat yang tepat nanti.. tepat dan baik menurut kita belum tentu tepat baik menurut Allah..
    Semoga kita segera dapat keturunan,
    kalopun belum sekarang ,semoga Allah senantiasa memberi kita kesabaran dan kelapangan hati..hingga saat yang indah nanti..Amin.

  5. Mbak Mia… yang sabar ya Mbak.. I feel you Mbak, kemarin aku juga gagal IUInya..
    Semangat terus Mbak, maybe miracle is on the next exit, waiting just around the corner. Just keep walking Mbak. I know it’s easier said than done tapi harus tetep semangatttt…. 🙂

    1. Hidup jadi lebih mudah bila dikasi semangat gini. Terima kasih yaa. Kemaren-maren memang masih fase denial, kalo sekarang mah udah pasrah. Tiga hari setelah beta-day, menstruasi. Hmmm, pegel rasanya jadi 2x lipat. Tapi, namanya cobaan ya mesti dihadapi. Punya orang-orang di sekitar yang peduli sungguh membahagiakan. Beban berkurang. Kemudian lanjut menapak masa depan. Go Chimuts GO! 😀

  6. mbk mia..
    mau nanya boleh??kmrn abis haid setelah program siklus haid bulan berikutnya jd gk teratur gk..saya kok haidnya jadi mundur2.apa karena hormonnya blm stabil ya..btw kpn rencana fet nya??

    1. Memang begitu, selesainya juga lebih lama. Dua hari pertama sakitnya kagak nahan, kayak mau mreteli. Ini kalo saya. Betul itu, krn pengaruh hormon yang blm stabil. Don’t worry. FET kira kira des/jan 🙂

  7. Insya Allah aq juga fet bulan des/jan mungkin bisa bareng ya mbk..persiapannya apa aja mba..dr aucky gk bilang apa2.hsg buat apa mbk??aq udah pernah hsg.emang pengaruh ya mbk sm kegagalan bt kemarin??

    1. Iyaa, kemungkinan bareng. HSG saya juga sudah pernah, ntar ini SHG, hehe jangan kebalik. Ada pengaruh ato enggaknya kurang paham, bisa jadi deh. Oke, moga sukses yee 😀

  8. Assalamualaikum mbak 🙂 belakangan saya ngabisin waktu dengan baca2 blog ini. Well, 2 days ahead is my beta day. Mohon doa juga mbak. Terlebih supaya siap dan kuat jika yg terjadi bukan seperti yg diharap.
    Saya kagum dengan ikhtiar tanpa henti yg mbak dan suami jalankan. 2 ivf dan 1 iui. Kami sendiri bulan feb lalu iui di Klinik Yasmin RSCM Kencana. Skrg ivf di morulaIVF rs bunda jakarta.
    Duh, memang 2 minggu penantian ini luar biasa terasa panjang ya mbak. Saya juga merasakan boyok ngilu, awal2 days after et itu perut terasa kembung dan nyeri, kayak masuk angin dan hasilnya adalah buang gas melulu :p memasuki seminggu terakhir saya mengalami huwek huwek alias mual2. Apa mbak juga begitu? Juga gampang lapar, atau emang dasarnya rakus aja ya? Hehehe gak jelas 😀 pernah saya baca di blog lain, stelah et memang nafsu makan nambah bgt, macam sudah hamil muda saja rasanya 😉
    Waduh kebanyakan saya ceritanya nih. Maaf mbak. Oiya saya warga surabaya yg hijrah ke Jkt demi ikut suami, walopun dia bonek tulen. Jalan rejeki yg membawa kami kemari. Berharap kalau saya mudik ke Sby bisa bertemu dengan mbak. Inshaa Allaah.
    Semoga Allaah segera percayai kita ya mbak, utk memasuki never ending parenthood. Allahumma aamiin 🙂 Wassalamualaikum

    1. Waalaikumsalam. Wuahh, maaf ya bikin waktunya habis buat baca blog saya. Hehe. Dan ehm! Beta dua hari lagi itu sudah tak lama, tinggal selangkah. Semoga apa yang jadi harap Mbak Dina dan keluarga didengar-dikabulkan Allah. Semoga keinginannya sampean sesuai kehendakNya. Nanti kabari saya loh ya, jangan lupa!

      Kembung-ngegas-ngegas memang hal lazim. Perkara nafsu makan yang menggila juga merupakan hal yang lumrah. Perubahan hormonlah penyebabnya. Hehe, moga sekalian jadi firasat baik. Moga lebih dari sekedar pertanda 🙂

      Hayuk kita bertemu. Saya ingin jumpa dengan ibu-ibu IVF, bertukar pengalaman maupun saling menguatkan. Semoga berjodoh yaa 😀

  9. Hi again, mbak! 🙂 kmrn lupa mo nanyaaa..yg bleeding before beta itu gmn maksudnya dan kenapa ya? Trus ‘dosa’ kah klo nyolong start pake testpack sbelum beta day? Hehehe

Leave a Reply

