[2ww] 4dp5dt

Today (2/10), saya memasuki hari ke-4 pasca embryo transfer (ET) dengan 3 blastosis usia 5 hari yang ditanam dalam rahim saya oleh dr. Ashon SpOG. Coba deh saya lebih konsentrasi akan berbagai simtom yang saya rasakan. Hmm, dada lebih kencang, puting berasa menonjol dan ada sedikit rasa nyeri di perut bagian bawah. Selebihnya gatal-gatal di atas pantat sebab iritasi diaper dewasa dan ada bercak disertai gumpalan-gumpalan berwarna putih di celana dalam (*residu Crinone 8% Progesterone Vaginal Gel).

Post ET, kebanyakan mama IVF bingung tentang apa yang boleh dan tak boleh dilakukan. Lalu berbagai literatur dibaca yang malah buat bingung ditambah kekuatiran para sesepuh yang melarang ini-itu. Pikiran acak-adul dan buat aktivitas menjadi tidak nyaman. Kalau sudah begini malah stres sendiri. Sebaiknya jangan dilakukan.

DON’T :: STRESS

Sepertinya hari ini saya kurang beruntung, subuh-subuh suami sudah berangkat ke sana-sini (lanjutan acara 1st Indonesian Meeting of ISSHP 2013 –International Society for the Study of Hypertension in Pregnancy di Sheraton Hotel Surabaya) sehingga dia tidak bisa membelikan sarapan. Jadilah saya masak nasi dan mengukus resoles isi ayam (kue sisa seminar kemarin) + sayur hijau cuciwis untuk dimakan sendiri.

Bedrest pasca ET bukan berarti kita rebahan di kasur seharian. Ada kalanya kita perlu menghirup udara segar dan melakukan peregangan. Tentu angkat beban 5 kg sudah pasti akan saya hindari. Tetapi kegiatan seperti menyapu kamar dan mencuci pakaian dalam, tetap saya lakukan.

DO :: TAKE IT EASY

Selain menonton TV, kegiatan yang membuat saya tetap sibuk adalah membaca novel dan majalah parenting. Menjelajah socmed juga tak kalah penting untuk hiburan. Belakangan, bacaan yang selalu berada di meja; di samping tempat tidur saya adalah cerita mengenai seorang detektif wanita dari buku Kantor Detektif Wanita No.1 karya Alexander McCall Smith. Dan kudapan favorit sepanjang menunggu Beta-day yaitu pizza dingin dan stroberi.

IMG_3027

Kira-kira, yang sedang dilakukan embies saya di dalam perut apa ya? Ada sebuah wawasan yang saya dapat dari teman seperjuangan Mrs Rori mengenai perkembangan embrio setelah ET. Berdasar link ini pada 4dp5dt, embrio-embrio itu terus melakukan aksinya untuk berusaha menempel di rahim saya.

Semoga terus lengkett kayak perangko,,

Advertisements

6 thoughts on “[2ww] 4dp5dt

  1. Loh pake diaper? sejak kpn? 😀 Iya dr yg aku baca, tetap lakukan aktivitas ringan supaya sirkulasi darah ke rahim tetap ok. Woohoo 6 hari lagi! Best of luck!!

    1. koyok mbiyen iki rasane mbak, tetepae, guatele minta ampun >.< trus hal yang merisaukan batuk 100-hariku belum sembuh, aku ga berani minum obat, tiap kali batuk kan kontraksi perutnya 😦
      dungakne yombak, suwunn, pangestune~

      1. Oiya krn mesti tetep tiduran lama yg habis ET hehe garuk garukkk 😉 Mungkin tanya dokter boleh minum obat atau ngga.. tp takut jg walaupun dibilang boleh ya.. Insya Allah kuat aminnnn

  2. Ass mbk..salam kenal
    Senang sekali baca tulisannya,semangat mbk bisa jadi penyemangat buat saya..semoga ikhtiar mbk kali ini berhasil, blastocystnya nempel semua amin.saya juga habis bt agustus kemarin di siloam dg dr aucky..tp Allah masih belum berkehendak..Insya Allah januari 2014 saya mau thaw cycle..Alhamdulillah masih punya sisa embrio..Semoga kita di beri kesempatan untuk jadi saksi Kebesaran-Nya amin..

    1. Wlkmslm, salam kenal juga 🙂

      Senang bisa menebar aura positif bagi Mbak Yuni. Terima kasih sudah dibantu doa, semoga bisa jadi perekat kuat sang blastosis di rahim saya.
      Saya mungkin bisa merasakan apa yang mbak Yuni alami. Semoga hari berganti dengan membawa senyum kemenangan atas usaha yang tak kenal letih.
      Semoga tahun depan kita benar-benar diberi kepercayaan menimang buah hati tercinta. InsyaAllah 🙂 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s