embryo transfer

Menandai tanggal 20 Oktober 2012 dengan gambar godhong waru.. tanda bahwa bakal bayi telah ditanam di rahim saya.

20-10-12 05:51
Meninggalkan Sarang Semut ♥ Selai menuju Siloam. Ini karena harus menyiapkan sarapan untuk saya, suami dan mertua dulu kali yaa sehingga berangkatnya molor dari rencana semula. Oke, saya dalam keadaan yang sip pagi ini. Tak kuatir akan merasa kesakitan ketika proses embryo transfer (ET) berlangsung. Tak ada rumor akan hal-hal mengerikan sih! So, hati menjadi lebih tenang.

07:01. Proses registrasi pasien ET sudah selesai. Tuh kan, ini dampak dari kegiatan ‘karet gelang’. Alhasil tidak mendapatkan kamar sesuai harapan dan harus berbagi kamar dengan orang lain. Ya sudahlah, gak papa. Setelah gelang pasien dipasang di tangan kiri dan mendapatkan souvenir peralatan mandi berikut mug cantik, saya berbaur dengan pasien ET hari itu. Bertotal jendral enam orang.

07:30. Saya dipanggil suster untuk menanda-tangani surat pernyataan kesediaan menjalani proses ET yang akan dilakukan oleh dr Ashon SpOG. Setelah itu suster berpesan agar saya minum air terus-terusan. Penuhi kantong kemih! kata dia. Dan sayanya lupa gak bawa minum, mau beli warung-warung di RS juga belum pada buka. Akhirnya suster yang baik hati itu memberi saya 3gelas Aqua. Ini suami masih ngantar mertua ke tempat adik ipar.

Tiktok-tiktok. Jam pasir sepertinya mampet, lajunya waktu terasa seret. Dua gelas Aqua juga numpang lewat saja di kandung kemih saya. Bolak-balik kamar mandi sudah kesekian kali. Tapi semua pasien ET harus bersabar karena mendapat giliran setelah para androlog dan SpOG itu menyelesaikan OPU. Saya mesti mengganti cairan yang telah hilang dengan menenggak setidaknya 1500 ml lagi. Wii, stelah itu jadi kepingin pipis lagi dan lagi >.<

08:44 Fiuh finally! Ini saya terakhir dipanggil. Akhirnya masuk ruang ET juga. Langsung nyamber kostum pasien bertali warna biru dan memakainya di ruang ganti (baca: toilet). Ketika hendak meluncur ke 'ruang pojok', saya dihadang oleh dr Aucky dan dr Hamdani. Mereka bilang akan menanam 3 embryo, dengan komposisi 1 blastocyst dan 2 morula. "Loh, kok tiga Dok?! Dua saja, nanti nggak muat" kata saya. Asumsi dokter kenapa tiga karena kemungkinan morula 'nempel' di rahim tak semudah blastocyst. Berbagai macam perasaan negatif mulai menyerang. Cemas, kuatir, pesimis, galau dll melanda 😔.

08:50 Sepenuh-penuhnya kantong kemih terjadi ketika saya mulai rebahan. Terasa diubun-ubun dan mau muncrat saja. Tapi tak kuasa karena dokter sudah berada di hadapan kemaluan. Tanpa infus, adegan surprais kaki disabuk (karena mereka tidak memasangnya) dan tanpa tensi terlebih dahulu. Hanya kegiatan menyiram terminal dengan cairan dingin yang dilakukan oleh suster. Barulah dr Ashon bertindak dengan mencari posisi rahim.

Ouch! Ini campuran antara sayanya yang pengen pipis sama pikiran-pikiran tentang blastocyst dan morula. Saya benar-benar gak nyaman di-ET. Dr Ashon seperti tidak bisa mengeksekusinya dengan baik. Aduh, yoyoo maak!! (*hmm, mulai deh ngalem). Oke, DONE! (pk.09:00). Setelah memakaikan popok (saya tak ubahnya baby hui), suster-suster itu bahu membahu menggotong saya; memindah ke kasur yang lebih layak. "Boleh pipis sekarang!" katanya.

Saya langsung melotot ketika pipisnya sudah di ujung tanduk, tapi tak kunjung bisa keluar. Satu-dua menit hingga sepuluh menit berlalu. Aduh, bagaimana ini. Kaki ditekuk bukan sebagai solusi. Toto seperti hantu gentayangan; pipis di pembalut dewasa tak semudah ketika harus mengeluarkan urine di pemandian. Ayo fokus, fokus! Saya gelisah miring ke kiri dan ke kanan tanpa ada yang bisa dilakukan sampai… serrr! Alhamdulillaah.

4 thoughts on “embryo transfer

Leave a Reply

