[resep] salad buyur

Puasa Ramadhan 1433 H. Hari ke-17.

Di suatu sore yang fantastis, sebelum jam pulang kerja, saya biasa mikir-mikir sekilas menu berbuka puasa. Kemarin baru ingat, stok sayuran di coolcase tinggal setongkol jagung manis. Apa boleh buat, bahan yang ada harus bisa dibuat sedemikian rupa supaya bisa ..menjagal-rasa-lapar (*coba ucapkan 10x dengan cepat tanpa kesleo). Hehe.

Ketika lihat folder foto Buber Karyawan IST di JW. Marriott tahun 2009, saya jadi terinspirasi untuk bikin salad sayur. Langsung terbayang apa yang harus dilakukan setelah google beberapa resep salad sayur. Pada dasarnya sih, kita cuman butuh sayuran segar sama ngemix dressing –semacam buat bumbu pecel. Selebihnya tinggal menata di piring/mangkuk saji.

Untuk buat dressing, siapkan:

  • mayonnaise mamasuka
  • saos tomat
  • saos sambal
  • jeruk nipis
  • susu kental manis
  • merica bubuk

OK. Semua bahan sudah di hadapan? Langsung deh kecrut-kecrutin di mangkuk. Kalo ada panduan di internet mengenai takaran, saya tak pernah mematuhinya. Suka-suka sesuai insting karena selalu masak dalam porsi kecil. Campur aduk semuanya yuk!

Nah, sekarang tata sayuran di mangkuk saji. Menambahkan buah-buahan juga sah untuk dilakukan kok. Jangan kuatir bakal mengubah rasa. Toh, keluarnya sama saja; bakal berujung dan berbentuk seperti itu. #Apeu!

Ini dia yang segar-segar:

  • Tomat buah, iris tipis melintang. Kalo cuma ada tomat sayur, tak apa.
  • Apel. Buat jadi dadu.
  • Jagung manis. Gak punya yang kemasan kaleng, saya harus merebus dan memitil dulu.
  • Kacang polong. Beku di freezer, saya kemudian merendamnya sebentar disisa air rebusan jagung manis.
  • Anggur merah. Belah jadi dua dan buang isinya.

Kalo sudah, tuang dressing di atas BUYUR (namanya berubah jadi Buyur–BUah & saYUR–karena niat tak sesuai dengan kenyataan). Lalu, selesailah pekerjaan kita. Nggeletek mek ngono thok! Haha 😀

salad buyur ~ alternatif menu sahur

 

Makaci kepada Resep Keluarga Cinta atas resep Salad Sayur-nya 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s