[resep] kepak sayap kecap

Gampang saja memanjakan pria. Mereka mudah terlena dengan makanan. Apalagi jika masakan itu dibuat sendiri oleh kekasih hati. Hemm. Coba saja!

Catet di telapak tangan kiri! Kita cuma butuh SAYAP AYAM dan ::

I) Merica-garam-jeruk nipis/jeruk buah > campur

II) Bawang merah-bawang putih-cabe rawit-merica-garam-gula

III) Cabe merah (buang isi, potong serong)-daun bawang (cuci, potong satu senti)

IV) Kecap manis-saos tomat-(margarin blueband)-air kaldu rebusan ayam

 

Karena porsi masakan kecil (ayamnya aja cuma tiga sayap), jadi pake insting aja deh takaran bumbunya.

 

Kalau saya, begini urutan masaknya..

1) Rebus sayap ayam sampai empuk. Cirinya sudah berubah warna.

2) Angkat sayap ayam, lumuri dengan no I. Diamkan.

3) Goreng no II. Angkat kemudian uleg. (*digoreng biar mudah dihaluskan secara manual; tidak berbau lengur)

4) Gantian. Sekarang, goreng sayap ayam dengan api kecil sampai kecoklatan. Angkat dan lumuri dengan blueband.

5) Tumis no II dengan sedikit minyak goreng  sampai haruum.

6) Tuang no III dan no IV. Tambahkan sayap ayam.

7) Rebus hingga air kaldu habis dan sajikan.

 

Ini bukan sogokan (berharap dapat kecupan mesra dan cincin emas 6gram) melainkan “Selamat Makan” 😀

dari istri untuk suami dan diri sendiri

 

Lebih lengkap mengenai resep, lihat di sini. Hihi. Saya dapat inspirasi menu buka puasa 25/7 dari sana. Haha. Tentuu, dengan beberapa sedikit modifikasi. Hihi.

 

semanis kecap #1

@khumanis

Advertisements

2 thoughts on “[resep] kepak sayap kecap

    1. Hehe, makasih pencerahannya.
      Dear Pak Wiyono, untuk 1/4 kg (sayap) ayam, saya memerlukan :: (kira-kira)
      5 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 2 cabe merah, 3-5 cabe rawit, setengah iris jeruk nipis, 400 ml air (setara 2 gelas belimbing), 1 sendok makan margarin, 1 sendok makan kecap manis, 1 sendok makan saos tomat / 2 buah tomat, garam dan gula masing-masing setengah sendok teh, daun bawang 5 helai. Hihi
      Jangan bingung lagi ya Pak 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s